RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
: | Nama Sekolah | |
Pendidikan Agama Islam | : | Mata Pelajaran |
III / 2 | : | Kelas / Semester |
8. Melakukan salat fardu | : | Standar Kompetensi |
8.2 Mempraktikkan salat fardu | : | Kompetensi Dasar |
6 x 35 menit (2 x pertemuan) | : | Alokasi Waktu |
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat mempraktikkan salat fardu
dengan benar
1.
Siswa dapat mengamalkan salat fardu
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Praktik salat fardu (lihat buku pendidikan Agama.
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa mempraktikkan salat fardu secara
klasikal, kelompok dan individu
1.
Siswa mengamalkan salat fardu dalam praktik keseharian
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Guru mengulang kembali uraian materi sebelumnya
tentang salat fardu termasuk gerakan dan bacaan dalam salat dengan ringkas
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa memperhatikan gambar peraga gerakan dan bacaan salat
fardu
F
Siswa
secara klasikal dan berkelompok melakukan gerakan-gerakan salat secara benar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa melafalkan bacaan-bacaan salat secara klasikal dan berkelompok
F
Siswa melakukan praktik salat fardu secara klasikal, kelompok dan individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa melakukan aktivitas
F
Siswa
membaca dan memahami bacaan intisari
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan
menuliskannya di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Lafal
bacaan salat di karton
2. Gambar
peraga salat
3. Kelas/ruang/musholla
4. Buku
tata cara salat
5. Buku
Pendidikan Agama Islam.
5. Kaset
dan CD tentang tata cara salat
6. Pengalaman
guru
7. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
F
Menuliskan huruf-huruf Alquran F
Menuliskan
huruf-huruf Alquran melalui kata F
Menuliskan
huruf Alquran melalui kalimat/ayat |
Tes
tulis Tes
tulis Tes
tulis
|
Penulisan Penulisan Penulisan
|
F
Tuliskan huruf-huruf Alquran dengan benar F
Tuliskan kata-kata di bawah ini dengan huruf
Alquran sambung: a. taidakhraga b. alimun c. markazun F
Tuliskan kalimat-kalimat dibawah ini dengan
huruf Alquran sambung: a) di
ashabil fil b) yaj’ai
kaidahum c) tairan
abadil
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
*
semua benar *
sebagian besar benar *
sebagian kecil benar *
semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1.
2. |
Kerjasama
Partisipasi |
*
bekerjasama *
kadang-kadang kerjasama *
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi *
kadang-kadang aktif *
tidak aktif |
4 2 1
4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama
Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah
Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial
Mengetahui, Kepala Sekolah SDN …….
…………………………….. NIP. …………………… | Kota Jantho, 2020 Guru Mata Pelajaran PAI
.................................. NIP. ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar